Kamis, 26 Maret 2009

5 E

Membuat Penelitian Komunikasi Antar Pribadi
(Studi Pustaka atas Karya-karya Skripsi KAP di UMY)
di buat oleh Kelompok 5 E
Ajeng (20060530166), Risa (20060530109), Eral (20040530049), Anggun (20050530059), Kusuma (20050530164)

Mayoritas proposal atau Bab I karya ilmiah dalam bentuk skripsi disusun dengan sistematika: Latar Belakang Masalah, Rumusan Masalah, Tujuan Penelitan, Manfaat Penelitian, Kerangka Teori/ Kerangka Berpikir/ Tinjauan Pustaka, dan Metode Penelitian.

Dari hasil penelitian kelompok kami terhadap skripsi-skripsi tentang Komunikasi Antar Pribadi, kami dapat menguraikannya sebagai berikut:

Latar Belakang Masalah

Latar belakang masalah yang banyak diangkat dalam skripsi mengenai komunikasi antar pribadi yang kami teliti kebanyakan mengangkat proses komunikasi antar pribadi dimana mereka mengangkat proses dalam komunikasi antar pribadi pada object yang mereka teliti. Ada yang membahas proses komunikasi antar pribadi pasutri, proses KAP orangtua dan guru, proses KAP perawat dan pasiennya.
Latar belakang masalah merupakan bagian dari proposal penelitan yang menerangkan tentang keterbukaan pasangan suami istri yang tinggal berjauhan. Hal ini sebagaimana yang terdapat dalam Skripsi Rizki Apriliani (2008: 1):
“Dapat diketahui bahwa pasangan suami istri yang tinggal berjauhan tidak selalu mendatangkan hal-hal negative. Dalam kondisi tinggal berjauhan, suami-istri juga tetap dapat membina hubungan baik. Salah satu faktor penting yang menentukan adalah adanya keterbukaan satu sama lain dengna pasangan. Hal tersebut seperti dikemukakan Ida bahwa jarak yang dekat atau tinggal serumah juga belum menjamin tidak terjadi berbagai masalah. Hal itu sangat tergantung keterbukaan pasnagan suami-istri dalam berkomunikasi (http://www.seda-sekejap.com, 15/12/07)”
Latar belakang masalah merupakan bagian dari proposal penelitian yang menerangkan tentang proses komunikasi interpersonal antara orang tua dan guru dalam hal kemampuan mengurus diri sendiri. Hal ini sebagaimana terdapat dalam skripsi Eddy (1999: 1)
“ Dalam melakukan komunikasi interpersonal dengan penderita tuna grahita, para guru sebagai komunikator harus dapat membangkitkan perhatian para murid tuna grahita terlebih dahulu sebelum melakukan proses komunikasi interpersonal lebih lanjut. Hasrat harus dilanjutkan dengan datangnya keputusan dalam diri komunikan, yakni keputusan melakukan kegiatan seperti yang diharapkan komunikator (Effendi, 1993: 306)”
Latar belakang masalah tentang penelitian antara perawat dan pasien di RSJ tetap memfokuskan pada unsur komunikasinya. Komunikasi yang dipakai adalah komunikasi interpersonal untuk tujuan terapeutik. Orang-orang yang mengalami gangguan jiwa tersebut dianggal oleh masyarakat sangat mengganggu yang pada akhirnya RSJ adalah tempat diasingkannya orang-orang yang dianggap sakit jiwa. (Rahma, 2007)

Rumusan Masalah

Rumusan masalah merupakan kalimat pertanyaan atau introgatif, yang singkat, padat dan jelas serta bukan pertanyaan tentang nilai dan dasar untuk pembentukan judul.
Contoh dapat dilihat dari rumusan masalah yang ada pada skripsi-skripsi yang kami teliti adalah sebagai berikut:
Bagaimanakah keterbukaan komunikasi interpersonal antara suami istri yang tinggal berjauhan?
Bagaimana komunikasi interpersonal yang dilakukan orangtua dan guru untuk meningkatkan kemampuan mengurus diri sendiri pada siswa tuna grahita di SLB Deksa Kalibawang Kulon Progo?
Bagaimanakah komunikasi terapeutik perawat dengan pasien sakit jiwa di rumah sakit Grhasia Yogya?

Tujuan Penelitan

Tujuan penelitian adalah tujuan pernyataan atau deklaratif, satu atau beberapa tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian biasanya diawalai dengan kata untuk mendiskripsikan, untuk mencari, untuk mengetahui, dan lain-lain.
Dalam skripsi yang kami teliti rata-rata tujuan penelitian mereka menyoroti tentang proses komunikasi interpersonal, tetapi ada juga yang bertujuan untuk mengetahui hambatan dalam komunikasi interpersonal dan untuk mendeskripsikan secara rinci tentang keterbukaan komunikasi interpersonal.
Tujuan penelitan dari skripsi yang berisi tentang komunikasi antar pribadi ini adalah:
Mendeskripsikan secara rinci tentang keterbukaan komunikasi interpersonal antara suami istri yang tinggal berjauhan.
Untuk mengetahui komunikasi interpersonal yang dilakukan oleh orangtua siswa dan guru untuk meningkatkan kemampuan mengurus diri sendiri pada siswa tuna grahita di SLB Deksa Kalibawang Kulon Progo.
Untuk mengetahui komunikasi terapeutik perawat dengan pasien sakit jiwa di RS Grhasia Yogya dan untuk mengetahui hambatan-hambatan yang dialami oleh perawat R.S Grhasia Yogyakarta dalam berkomunikasi dengan pasiennya.

Manfaat Penelitian

Manfaat penelitian adalah manfaat yang akan didapat dari hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti yang membuat skripsi.
Manfaat penelitian yang terdapat di dalam skripsi yang kami teliti adalah sebagai berikut:
Diharapkan dapat memberikan sumbangan terhadap perkembangan dan pendalaman studi ilmu komunikasi khususunya memberi pemahaman tentang komunikasi interpersonal bagi pasangan suami istri yang tinggal berjauhan.
Menambah informasi dan dapat dijadikan masukan tentang komunikasi terapeutik perawat dalam upaya penyembuhan pasien.
Dapat menjadi acuan bagi perawat di dalam melakukan interaksi dengan pasiennya, terutama terhadap pasien sakit jiwa.

Kerangka Teori/ Kerangka Berpikir/ Tinjauan Pustaka

Kerangka teori merupakan kumpulan teori-teori yang digunakan untuk menguatkan masalah yang diangkat dalam skripsi yang sedang diteliti.
Isi kerangka teori dari skripsi yang kami teliti kebanyakan mengangkat teori-teori yang berhubungan dengan pengertian dan pembagian komunikasi interpersonal.
Kerangka teori dari skripsi keterbukaan komunikasi interpersonal antar pasangan suami istri yang tinggal berjauhan berisi tentang berbagai versi pengertian komunikasi interpersonal.
Kerangka teori disini yang dipakai adalah komunikasi, komunikasi interpersonal dan komunikasi terapeutik. Disini lebih dilihat komunikasi perawat yang melakukan komunikasi terapeutik.

Metode Penelitian

Metode penelitian merupakan seperangkat cara yang sistematik, logis, dan rasional yang digunakan oleh peneliti ketika merencanakan, mengumpulkan, menganalisis, dan menyajikan data untuk menarik kesimpulan. Cara- cara tersebut meliputi alasan penetapan beberapa unsur penelitian seperti :
Jenis penelitian
Lokasi penelitian
Teknik pengumpulan data
Teknik sampling
Teknik analisis data
Uji validitas data

Teknik pengumpulan data yang digunakan dari skripsi yang kami teliti adalah observasi dan interview, secara umum mereka memilih lokasi di kota Yogyakarta. Mereka juga menggunakan teknik analisis data yaitu analisis kualitatif. Rata-rata uji validitas data yang digunakan adalah trianggulasi data.

Metode penelitian yang dapat kami teliti adalah:
Dua menggunakan jenis penelitian deskriptif dan yang satunya menggunakan jenis penelitian studi kasus.

Daftar Pustaka Unpublished

Hariani, Rahma. Komunikasi Terapeutik Perawat dengan Pasien Sakit Jiwa Kelas P2 Putri di Rumah Sakit Grhasia Yogyakarta ( Studi Deskriptif Komunikasi Terapeutik Perawat Dengan Pasien Sakit Jiwa Kelas P2 Putri di Rumah Sakit Grhasia Yogyakarta ). 2008. Skripsi
Apriliani, Rizki. Keterbukaan Komunikasi Interpersonal antar Pasangan Suami Isteri yang Tinggal Berjauhan ( Studi Kasus Pada Pasangan Suami Isteri di Yogyakarta ). 2008. Skripsi
Purwanto, Edy. Komunikasi Interpersonal antara Orang Tua dan Guru dalam Hal Kemampuan Mengurus Diri Sendiri Pada Siswa Tuna Grahita di SLB Muhammadiyah Dekso Kalibawang Kulon Progo.2008. Skripsi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar